Kamis, 16 Juli 2020

70 Hadits Pilihan : Hadits ke - 1 Beribadah kepada Allah SWT

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 11.30.00
Assalamu'alaikum sahabat bogi... 

Selama beberapa bulan kedepan Oe akan coba berbagi pengetahuan dari apa yang Oe dapatkan dikelas 70 Hadits Pilihan. Kelas ini dibawakan oleh Ust. Rahmat Hidayat Lubis. 
Doakan istiqamah ya 🙏

Hadits ke 1 : Beribadah kepada Allah SWT



Dari Abdullah bin Amru radhiyallahu'anhuma, ia berkata : " Rasulullah SAW bersabda: " sembahlah Ar-Rahman (Yang Maha Pengasih), berilah makan, dan sebarkanlah salam, maka kamu akan masuk surga dengan selamat ". 

(Jami' At- Tirmidzi hadits no. 1855. Imam At-Tirmidzi berkata tentang hadits ini : hadits ini hasan shahih. dan Al-'Allamah Muhammad Nashiruddin Al-Albany juga berkata tentang hadits ini: hadits ini shahih).

Perawi Hadits : 
Abdullah bin Amru bin Al'Ash Al-Qurasyi As-Sahmi. Seorang sahabat yang terkenal. Masuk Islam sebelum bapaknya Amru bin Al-'Ash. Ia memiliki 700 hadits dalam kitab-kitab hadits. Ia juga sempat berperang bersama Rasulullah SAW , sebagaimana ia dikenal sebagai ahli kebijakan politik dan manajemen kerja. Mu'awiyah RA pernah mengangkatnya sebagai wali kota Kufah beberapa lama.

Ia juga menyampaikan hadits Rasulullah SAW dan menyampaikan fatwa di Jami' Al-Fasthath ( Masjid Amru bin Al'Ash) di Mesir. Dan banyak orang yang mengambil ilmu darinya , baik yang berasal dari Mesir, Syam maupun Hijaz. Abdullah bin Amru bin Al'Ash RA meninggal di Mesir pada tahun 65 H, dan di makamkan di rumahnya. Ada pula riwayat yang mengatakan ia meninggal di Syam, ada pula yang mengatakan meninggal di Mekkah.

Faedah hadits :
1. Jalan ke surga yaitu beribadah kepada Allah semata, tidak mempersekutukan-Nya, dan berbuat baik kepada manusia. 
2. Hadits ini menyuruh agar menjadikan Allah semata sebagai tujuan ibadah, juga memberikan anjuran agar memberi orang yang membutuhkan. 
3. Menyebarkan Islam adalah salah satu faktor untuk mempererat hubungan kasih sayang sosial antar anggota masyarakat Islam.


0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review