Sabtu, 15 September 2012

BACKPACKER ke BALI

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 12.53.00

Ane mau berbagi cerita nih tentang backpacker ane dengan teman selama 4 hari 3 malam di Bali-Denpasar. Awalnya sih ane dengan teman punya tujuan bukan ke Bali melainkan ke Phuket-Thailand, namun sayang promo tiket pesawat Air**sia tak kunjung datang hingga akhir tahun 2011. Ditengah perasaan gunda gulana, akhirnya ada promo juga kira-kira dibulan maret 2012 namun bukan lagi ke Phuket melainkan ke Bali. Alhasil ane dengan teman membooking juga promo tersebut untuk tanggal 11-14 september 2012 mumpung ane masih libur kuliah. Alhamdullillah ane dapet tiket murah, 610.058 rupiah pulang pergi ++ hotel gan!!

Keberangkatan masih sangat lama, maka ane merahasiakan dari keluarga ane terlebih dahulu. Selain itu ada berita yang mengejutkan, beberapa bulan setelah ane booking tiket, terdengar berita kecelakaan pesawat sukhoi dan helikopter. Ane makin cemas dan takut untuk terbang ke Bali, galau gan !! dan satu lagi, ane khawatir gak dapet izin cuti dari kantor.
            Hari demi hari ane tunggu dengan mengencangkan ikat pinggang, nabung coy buat persiapan disana !! hingga pada akhirnya datanglah bulan September 2012, ane langsung ngajuin cuti ke kantor, lagi-lagi alhamdullillah langsung di approve sama spv dan tl ane. Sangat lega ane dengarnya, mulai saat itu ane mulai cerita ke keluarga kalau ane insyaallah mau capcus ke Bali. Alhamdullillah semua mengizinkan !! tinggalah ane siapin itenery buat keliling pulau Bali dan dibantuin teman ane juga buat ngerekap peta satu wisata ke wisata yang lainnya.
            Ane akan share itenery di Bali selama 4 hari 3 malam, ane dan teman keliling Bali dengan sewa motor seharga Rp. 50.000/hari. Ane dapat contactnya dari agan kas*kusers.

Hari pertama
18:00 - 19:00 WITA : ke pantai uluwatu
19:00 - 20:00 WITA : ke theater kuta
20:00 - 21:00 WITA : ke hotel

Perasaan ane campur aduk banget, antara senang, takut ataupun bangga. tapi yaudahlah, semua kan sudah ada yang menentukan!! ane berangkat dari rumah ke bandara naik motor dianter ayah ane.
            Sesampai dibandara ane langsung cari teman ane dan langsung bergegas ke dalam bandara segera mungkin untuk cek in. setelah cek in ane gak langsung ke waiting room karena masih lumayan lama, ane nemenin temen untuk sarapan. setelah itu ane langsung masuk ke waiting room !! kurang lebih nunggu 30 menitan, akhirnya ada informasi juga pesawat air**sia dengan nomor penerbangan bla.. bla.. bla.. silahkan masuk dari zona e.
               Bismillah, ya Allah lindungilah ane dan teman sampai tujuan. itu terus yang terlontar dari hati dan mulut ane! dan tak terasa ternyata pesawat sudah mulai terbang juga. selama di pesawat, ane selalu ngobrol dengan teman sebangku di pesawat kebetulan cewek juga. dan tak terasa obrolan itu sampai juga pada bandara ngurai-rai kurang lebih jam 11:30 WITA. ane dan teman langsung contact penyewaan motor yang sebelumnya udah ane booking untuk 3 hari.setelah surat perjanjian udah ane pegang, langsung deh tuh ane capcus nyari penginapan ane yang udah satu paket sama pesawat yang terletak di jalan double six-legian.
               Setelah muter-muter karena nyasar, alhamdullillah nyampe juga di Tune hotel legian jam 14:00 WITA. ane dan teman langsung cek in hotel dan bersiap-siap untuk capcus langsung ke pantai dreamland, tapi sebelum kesana ane dan teman nyari dulu tempat yang disebut dengan kuta theater karena ane dan teman udah beli tiket promo untuk nonton pertunjukan sulap yang digabung dengan tarian bali. ok ketemu sudah tempatnya dan langsung kita ke pantai dreamland! dreamland lumayan jauh gan, ane tempuh kurang lebih 1 jam-an. tiket masuk dreamland gratis namun ada biaya untuk parkir sebesar Rp. 5000.

Setelah parkir motor, ane dan teman langsung menuju ke ujung pantainya. wow .. banyak bule berjemur untung yang terpampang kebanyakan cewek, jadi gak zinah mata deh. ane langsung ngambil take photo dengan berbagai angel yang baik.namun setelah itu disini terjadi insiden yang bikin ane marah, kecewa, jengkel dan sedih !! hmm .. *skip skip skip. fyi, karena insiden ane sama sekali gak ada foto di dreamland.
               karena insiden tersebut, ane pengen banget rasanya cepet-cepet balik ke hotel. tapi ane berpikir kalau balik ane akan kehilangan lebih banyak hal. *skip skip skip. setelah insiden tersebut, ane langsung balik bukan ke hotel melainkan ke tempat wisata lain yaitu pantai uluwatu. sebelum ke uluwatu, ane dan teman nyari makan dulu. fyi, nyari makan halal susah gan, kita nyari yang ada tulisan "warung jawa muslim", itu pun kita milih menu yang familiar aja contohnya ayam bakar.
               Uluwatu itu pantai paling ujung, jauh banget + jalannya sepi banget. kurang lebih 30 menitan, alhamdullillah ane nyampe juga disana. parkir dengan biaya Rp. 1000 dan tiket masuk sebesar Rp. 15.000. dan kita harus pakai kain warna ungu dan tali pengikatnya warna kuning, entah itu apa kita mah pake pake aja ! wew .. banyak banget monyet yang berkeliaran. *ane jadi inget waktu kecil kesana dan susu ane diambil sama si monkey. lagi-lagi ane ngambil foto disana dengan berbagai angel, subhanallah banget kekuasaan Allah SWT!!.

Dari uluwatu ane berpacu dengan waktu karena ane harus sampai di kuta theater jam 8 malam, gak boleh telat ! lagi-lagi perjalanan balik dari uluwatu itu sangat ekstrem jalanannya. mulut komat-kamit deh tuh sepanjang perjalanan. alhamdullillah jam 8 kurang 15 menitan kita udah nyampe disana dan langsung ane tukerin deh tuh tiket promonya.
               Kita harus nunggu sampai jam 8 pas untuk masuk ke dalam ruangan pertunjukannya. Awalnya, ane takut banget karena yang ane baca sulapnya ini bisa ngilangin orang alhasil ane duduk paling belakang deh. seiring waktu, ane mulai menikmati banget tuh sulap, keren banget gak nyesel beli tiketnya dijakarta via deal**keren.com !!

pertunjukannya berlangsung selama 1 jam, setelah selesai kita langsung cabut untuk balik ke hotel, lelah banget perjalanan yang sangat menyenangkan!.

Hari kedua
16:30 WITA : makan
18:30 - 19:00 WITA : tanah lot
19:00 - 20:15 WITA : pulang

hoam .. alhamdullillah udah pagi !! karena insiden kemarin di dreamland, ane tidur gelisah banget. dan pagi ini kita akan menuju ke WR supratman untuk mengurangi insiden tersebut. *skip skip skip.
                di WR suparatman, kita lama banget karena memang harus menunggu hingga semuanya selesai, namun sayang hal itu tidak selesai sepenuhnya dan harus dilanjutkan di jakarta tercinta. *skip skip skip.
                    entahlah perasaan ini antah berantah rasanya, namun karena ini liburan kami, ane mencoba skip lagi dan meneruskan untuk ke pasar tradisional sukowati, belanja disana murah gan!. tawar-menawar disana jauh lebih menyenangkan dari pada dijakarta, bayangin aja dari harga Rp. 175.000 ane tawar jadi Rp. 45.000 dan harga Rp.150.000 jadi Rp. 30.000.
                 kita takut kemalaman, alhasil jam 14:30 kita langsung capcus ke danau bedugul. menurut ane, ini tempat wisata paling jauh diantara semua yang ane kunjungi. jalanannya sama persis kaya puncak dan selain itu disana dingin banget, subhanallah semesta alamnya !!. oiya disini gratis kecuali parkir dengan biaya Rp. 1000. lagi-lagi setelah take photo berbagai angel, kita langsung ke turun ke bawah menuju tanah lot.

setelah perjalanan kurang lebih 1 jam-an, nyampe juga di tanah lot. wah kita beruntung banget, disana lagi ada acara orang bali gitu, entah namanya apa! disini kita harus bayar tiket masuk Rp. 10.000. lagi-lagi menakjubkan sekali !!. puas menikmati suasana malam disana kita langsung capcus ke hotel.

Hari Ketiga
19:00 -20:00 WITA : pulang
20:10 WITA : cari oleh-oleh dan pantai kuta
21:15 WITA : pulang

di pagi hari ketiga, ane pisah dengan teman ane. ane mah ke pantai seminyak dan teman ane ke pantai kuta. ane ke seminyak jalan kaki, kebetulan dekat dari hotel. menurut ane, ini pantai mirip dengan ancol karena hanya hamparan pantai dan pasir aja tanpa ada pura sedikit pun.

setelah menikmati udara pagi dipantai, ane langsung dijemput teman ane untuk menuju ke tampak siring. jalanan untuk kesana sama kaya jalan tol  dijakarta. perjalanan yang lumayan melelahkan terbalaskan juga dengan indah nya tampak siring berikut bangunan pura-pura. disini tiket masuk Rp. 15.000. setelah take photo, kita sempatkan untuk belanja lagi melengkapi kekurangan belanja yang pertama. hahahaha

next, kita akan ke nusa dua. tampak siring dengan nusa dua ini sama sekali gak searah jadi terkesan sangat jauh. nyampe di lingkup nusa dua, alhamdullillah kita nemuin musholla. fyi, nyari musholla apalagi masjid sangat susah. shalat dan istirahat sejenak untuk melepas lelah selama perjalanan. dan langsung kita ke pantainya. wow .. ini pantai sama kaya dreamland. masuk sini gratis dan karena panas banget alhasil kita cuma sebentar dan langsung menuju GWK untuk nonton tari kecak jam 6 malam. selama perjalanan kita nemuin bangunin unik, yaitu seluruh tempat sembahyang berbagai agama dibangun berderetan, mulai dari masjid, gereja, kuil,dsb.

kita sampai GWK kecepatan banget. kebetulan kita belum makan, jadi cari makan dulu deh karena cari "warung jawa muslim" gak ketemu alhasil kita makan ayam kremes. jam 16:00 kita langsung balik ke GWk dan langsung beli tiket masuk Rp. 30.000 dan parkir motor Rp. 2.000. wah lagi-lagi kita beruntung sebelum pertunjukan tari kecak, ternyata ada bali dance gitu. hebat banget yang nari ! setelah bali dance selesai ternyata masih ada 30 menitan sebelum tari kecak dimulai. dan lagi-lagi ane ngambil berbagai take photo keren di GWK. pas jam 6 malam, ane langsung masuk ke ruang pertunjukan tari kecak, wow indonesia keren banget budaya nya !! pertunjukan berlangsung 1 jam-an dan setelah itu ane langsung capcus lagi ke hotel.

sepanjang perjalan ane baru inget kalau ane belum sama sekali beli oleh-oleh makanan khas bali. setelah sampai di hotel, ane langsung naik motor untuk cari oleh-oleh tersebut. alhamdullillah ane nemu kaya pasar gitu. ane langsung milih berbagai oleh-oleh dan setelah itu ane capcus ke pantai kuta dan bergegas balik ke hotel. fyi, ane sendirian !.

Hari keempat
05:00 WITA : packing
06:00 - 06:30 WITA : ke bandara
06:30 - 06:45 WITA : cek in
06:45 - 08:00 WITA : waiting room
08:50 WITA : take off
11:00 WIB : sampai jakarta

gak terasa sudah diakhir liburan ane aja. hari ini ane udah bangun pagi-pagi buta untuk siap-siap ke bandara. ane ke bandara naik motor sewaan sekalian balikin motor ke tempat semula. sampai dibandara, kita langsung cek in. ternyata kita kepagian banget sampainya, alhasil nunggu di waiting room sampai lumutan banget !!
                 ternyata oh ternyata, kata ketua kabin pesawat, kita lebih cepat 15 menit dari waktu penerbangan. alhamdulliah ane masih bisa berkumpul lagi sama keluarga ane.