Kamis, 27 September 2012

Sunnah Rasulullah SAW : Larangan Meniup Wadah Air Minum

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 12.20.00
Alhamdullillah lagi - lagi masih diberikan waktu untuk memenuhi blog ane ...

          Pada kesempatan kali ini, ane ingin share tentang Sunnah Rasulullah SAW tentang "Larangan Meniup Wadah Air Minum". Beberapa menu makanan dan minuman yang tersedia menuntut untuk disajikan dalam keadaan panas.Selain itu, memang orang-orang yang menggemari makanan dan minuman dalam keadaan panas atau hangat.


          Namun, tidak bisa dipungkuri bahwa lidah beberapa orang tidak sanggup untuk memakan atau meminum dalam kondisi panas atau pun hangat. Salah satu cara yang biasa khalayak gunakan adalah dengan meniup makanan atau minuman tersebut. Seperti gambar berikut :




          Ternyata cara yang biasa kita lakukan itu adalah hal yang kurang baik bagi kesehatan. Mengapa demikian? karena "Struktur molekul dalam air akan berubah menjadi zat asam yang membahayakan kesehatan" berikut penjelasan tentang hal tersebut :

          Sebagaimana yang diketahui, air memiliki nama ilmiah H20. ini berarti di dalam air terdapat dua buah atom hidrogen dan satu buah atom oksigen yang mana dua atom hidrogen tersebut terikat dalam satu buah atom oksigen. Dan apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2). Dan apabila karbon dioksida (CO2) bercampur dengan air (H20), akan menjadi senyawa asam karbonat (H2CO3). Zat asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita.
          Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan.
          
          Selain penjelasan tersebut, ternyata dalam sebuah hadits telah dibahas hal tersebut, sebagai berikut : Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).


          Jadi menurut ane, lebih baik dikipas-kipas aja kali ya makanan dan minuman yang hendak kita nikmati, seperti gambar berikut :




0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review