Kamis, 16 Juli 2020

70 Hadits Pilihan : Hadits ke - 2 Mengimani Allah

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 11.30.00
Assalamu'alaikum sahabat bogi... 

Alhamdullillah sudah sampai di Hadits ke-2.

Selama beberapa bulan kedepan Oe akan coba berbagi pengetahuan dari apa yang Oe dapatkan dikelas 70 Hadits Pilihan. Kelas ini dibawakan oleh Ust. Rahmat Hidayat Lubis. 
Doakan istiqamah ya 🙏

Hadits ke - 2 Mengimani Allah


Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwasanya beliau mengucapkan –ketika hendak beranjak ke kasurnya, beliau mengucapkan : "Ya Allah, Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan segala sesuatu, yang membelah biji dan atom, yang menurunkan Taurat, Injil dan Al Qur'an, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala makhluk melata yang memiliki kejahatan yang mana Engkau mengendalikannya, Engkaulah yang Maha Awal, tidak ada sesuatu sebelumMu, dan Engkaulah Maha Akhir, tidak ada sesuatu setelahMu, Engkaulah Maha Zhahir, tidak ada sesuatu yang melebihi-Mu, dan Engkaulah yang Maha Bathin, tidak ada sesuatu di bawah-Mu, tunaikanlah utangku, dan jauhkanlah aku dari kefakiran)".

Perawi Hadits :
Abu Hurairah; Abdurrahman bin Shakhr Al Dausi Al Yamani perawi (hadits) di dalam Islam. Diberi kunyah (panggilan) Abu Hurairah, karena ia suka bermain-main dengan seekor kucing betina. Ia mengembalakan kambing untuk keluarganya. 

Masuk Islam tahun ke 7 H sewaktu terjadi peristiwa penaklukan perkampungan Yahudi Khaibar. Menyertai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam selama empat tahun. Ia menemani beliau kemanapun pergi dan di manapun beliau singgah. 

Ia bersungguh-sungguh dan intens dalam meriwayatkan hadits. Memelihara ilmu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ilmu yang banyak. Ia adalah sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits dari beliau. 

Ia meriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallamsebanyak 5374 hadits dan termasuk ahli fiqihnya penduduk Madinah. Wafat di Madinah tahun 57 H dan dimakamkan di perkuburan Baqi'

Faedah Hadits :
1. Wajib mengimani bahwa Allah adalah ; Al-Awwal , Al-Akhir , Az-Zhahir, dan Al-Bathin
a. Makna Al-Awwal dalam hadits ini adalah yang azali yang tidak ada permulaan baginya, maka tidak ada sesuatupun yang mendahului Allah subhanahu wata'ala; maka hanya Allah semata tidak ada yang lain selain Dia.
b. Dan Makna Al-Akhir adalah yang kekal, yang memusnahkan segala sesuatu sedangkan Allah tetap ada, maka tidak ada sesuatu pun setelahNya. 
c. Dan makna Az-Zhahir adalah yang Maha mengalahkan yang Maha Tinggi atas segala sesuatu, maka tidak ada yang lebih tinggi dariNya. 
d. Dan makna Al-Bathin adalah tidak ada yang bisa mengatur selain Allah, dan tidak ada seorangpun yang berdiri sendiri selain Allah, dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi dari Allah; maka Allah Maha Tahu segala sesuatu.

2. Wajib menetapkan sifat Allah sebagaimana yang tertera dalam nash-nash syar'i. Namun tidak mengapa menjelaskan pengertiannya dengan bahasa selain bahasa arab dengan tujuan memahamkan dan menjelaskan. 

3. Dianjurkan menghafal do'a ini dan rajin membacanya sebelum tidur. 

4. Hadits ini adalah dalil bahwa Allah azza wajalla Tuhan semesta alam; maka Tuhan seluruh makhluk adalah Allah subhanahu wata'ala.

0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review