Kamis, 16 Juli 2020

70 Hadits Pilihan : Hadits ke - 6 Keistimewaan Ucapan Alhamdullillah Ketika Makan & Minum

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 13.48.00
Assalamu'alaikum sahabat bogi... 

Alhamdullillah sudah sampai di Hadits ke-6.

Selama beberapa bulan kedepan Oe akan coba berbagi pengetahuan dari apa yang Oe dapatkan dikelas 70 Hadits Pilihan. Kelas ini dibawakan oleh Ust. Rahmat Hidayat Lubis. 
Doakan istiqamah ya 🙏

Hadits ke - 6 Keistimewaan Ucapan Alhamdullillah Ketika Makan & Minum


Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Allah pasti meridhai seorang hamba yang memakan makanan kemudian ia memuji Allah atas nikmat makanan tersebut dengan mengucapkan alhamdullillah, atau meminum minuman kemudian ia memuji Allah atas nikmat minuman tersebut dengan mengucapkan alhamdullillah." (HR. Muslim)

Perawi nya : Anas Bin Malik
- Anas bin Malik Al-Anshary kunyahnya (Panggilannya) : Abu Hamzah. Lahir di Madinah 10 tahun sebelum Nabi hijrah ke Madinah.

- Ibunya menyerahkan Anas bn Malik kepada Nabi ketika Nabi hijrah ke Madinah untuk menjadi pembantu Nabi. saat itu Anas berumur 10 tahun dan sejak itu Anas senantiasa menemani Nabi hingga beliau wafat -shallallahu 'alaihi wasallam.

- Penghafal hadis ke 3 terbanyak dari kalangan sahabat dengan jumlah hafalan sekitar 2286 hadits. (Abu Al-Fara) Ibn Al-Jauzy, Talqih Fuhum Ahlil Atsar).

- Sahabat yang paling banyak meniru Nabi. Sahabat yang umurnya panjang, sahabat yang banyak berijtihad. Khataman Quran, Shalat Ied bersama keluarga jika tidak sempat shalat bersama jamaah.


Faidah Hadits : 
- Hendaknya kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah. Karena bersyukur kepada-Nya dapat menyebabkan ridha Allah kepada  kita. Diantaranya mengucapkan alhamdullillah setelah makan dan minum

- Ridha Allah dapat diraih dengan cara teringan. Ini adalah salah satu gambaran kasih sayang Allah kepada hamba Nya di dunia.

- Doa minimal saat memulai makan ialah bismillah dan doa minimal setelah makan ialah alhamdullillah. INi juga merupakan kemudahan yang Allah berikan kepada kita.


Tata Cara Makan Minum yang Menyebabkan Ridha Allah :
- Membaca Bismillah Sebelum Memulai Makan-Minum


Mengenal doa Allahumma Baarik lana Fima Razaqtana :


- Makan dan Minum dengan tangan kanan


- Memakan dari sisi atau pinggir makanan

- Mengucapkan alhamdullillah setelah makan-minum




0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review