Kamis, 16 Juli 2020

70 Hadits Pilihan : Hadits ke - 4 Berterima Kasih Kepada Manusia

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 13.27.00
Assalamu'alaikum sahabat bogi... 

Alhamdullillah sudah sampai di Hadits ke-4.

Selama beberapa bulan kedepan Oe akan coba berbagi pengetahuan dari apa yang Oe dapatkan dikelas 70 Hadits Pilihan. Kelas ini dibawakan oleh Ust. Rahmat Hidayat Lubis. 
Doakan istiqamah ya 🙏

Hadits ke - 4 Berterima Kasih Kepada Manusia

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Barang siapa tidak berterima kasih kepada manusia, maka ia (dianggap) tidak bersyukur kepada Allah (HR. Tirmidzi).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Tidak bersyukur kepada Allah seseorang yang tidak berterimakasih kepada manusia." (HR. Abu Daud).

Sebab Munculnya Hadits :
Muhammad bin Salamah radhiyallahu 'anhu berkisah : "Suatu hari kami bersama Nabi shallahu 'alaihi wasallam, kemudian beliau meminta Hassan bin Tsabit untuk melantunkan salah satu dari syair sebelum Islam. Hassan bisa Tsabit pun membacakan sebuah syair yang didalamnya ada ejekan terhadap al-Qamah. Kemudian Rasullullah  menegur Hassan bin Tsabit seraya berkata : "Wahai Hassan jangan engkau bacakan lagi syair ini."

Hassan pun berkata : " Ya Rasullullah, bukanlah Al-Qamah itu orang kafir yang dekat dengan Kaisar Romawi?".

Nabi berkata : "Kaisar Romawi pernah bertanya kepada Abu Sofyan dan Al-Qamah tentangku, saat itu Abu Sofyan menjelekkanku sedangkan Al-Qamah telah berkata baik dan tidak menjelekkanku. Sesungguhnya tidaklah seseorang dianggap bersyukur kepada Allah jika ia tidak berterimakasih kepada manusia. (Al-Jami' Al-Kabi dan Ibnu'Asakir).

Faedah Hadits :
- Hadits ini menganjurkan Kita untuk berterimakasih kepada manusia atas kebaikannya. Diwaktu yang sama, hadits ini juga merupakan teguran atau celaan bagi seseorang yang enggan berterimakasih.

- Seseorang yang tabiatnya enggan berterimakasih kepada manusia, maka ia pasti jarang bersyukur kepada Allah SWT. (Al-khattabi, Malaimus Sunan, Juz 4. Hal.114)
Dari Asy'at bin Qais radhiyallahu 'anhu, Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Orang yang paling bersyukur kepada Allah ialah orang yang paling sering berterimakasih kepada manusia." (HR. Ahmad).

- Allah tidak menerima syukur seseorang yang tidak berterimakasih atas kebaikan orang lain terhadapnya. Karena keduanya saling berkaitan. (Al-Khattabi, Malaimus Sunan, Juz 4 Hal 114)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : " Tidak bersyukur kepada Allah seseorang yang tidak berterimakasih kepada manusia." (HR. Abu Daud).


Cara Berterimakasih Kepada Manusia :
- Membalas dengan kebaikan setimpal


- Mendoakan kebaikan

- Mengatakan Jazakumullah Khairan


Perempuan : Jazakillah ; Jawabannya : Waiyyaki
Laki-laki : Jazakallah ; Jawabannya : Waiyyaka
Semua : Jazakumullah : ; Jawabannya : Waiyyakum

- Menyebut atau Mengakui Kebaikannya



Kesalahan Dalam Hal Berterimakasih :
- Menyebut Kebaikan Seseorang yang sebenarnya tidak pernah dilakukannya
- Enggan atau Menolak menyebut kebaikan orang lain




0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review