Kamis, 16 Juli 2020

70 Hadits Pilihan : Hadits ke - 5 Ridho Terhadap Allah, Islam dan Muhammad

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 13.48.00
Assalamu'alaikum sahabat bogi... 

Alhamdullillah sudah sampai di Hadits ke-5.

Selama beberapa bulan kedepan Oe akan coba berbagi pengetahuan dari apa yang Oe dapatkan dikelas 70 Hadits Pilihan. Kelas ini dibawakan oleh Ust. Rahmat Hidayat Lubis. 
Doakan istiqamah ya 🙏

Hadits ke - 5 Ridho Terhadap Allah, Islam dan Muhammad

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Barangsiapa mengucapkan : saya ridha Allah sebagai Tuhan, dan Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai utusan Allah , maka wajib baginya mendapat surga". (HR. Abu Daud)

Perawi Hadits :
Abu Sa'id Al-Khudri adalah Sa'ad bin Malik bin Sinan Al-Anshari Al-Khazraji, salah seorang sahabat yang terkenal, dan salah seorang alim di kalangan para sahabat. Dia adalah orang pertama yang syahid pada perang Khandaq. Telah berperang bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  sebanyak dua belas kali peperangan. Ia memiliki riwayat dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam kitab-kitab hadits sebanyak 1170 hadits. 

Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu wafat pada tahun 74 H di Madinah, pada usia 86 tahun. Ada pula riwayat yang mengatakan selain itu, dan dimakamkan di pekuburan Baqi'.

Faedah Hadits :
1. Hadits ini memberikan anjuran untuk selalu mengucapkan : 
(saya ridha Allah sebagai Tuhan, dan Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai utusan Allah) 

2. Bagi siapa saja yang ingin memperoleh kebahagiaan wajib baginya untuk ridha dengan Allah sebagai Tuhan nya dan Islam sebagai agamanya serta Muhammad sebagai Rasulnya. 

3. Hadits ini adalah dalil atas keuatamaan dzikir ini; karena dzikir ini mengandung penetapan tauhid Allah dan tawakal kepada-Nya, dan kepatuhan terhadap pengajaran agama-Nya yaitu Islam, serta pengakuan untuk mengikuti Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review