Selasa, 18 Februari 2014

Kuliner Bogor

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 14.35.00
Alhamdullillah masih dipertemukan dengan menulis kembali o_0

Yup *mungkin* sama seperti post sebelum-sebelumnya, bahwa post kali ini untuk menggantikan rencana liburan yang *lagi dan lagi* HARUS dibatalkan. 3 minggu yang lalu tepatnya pertengahan bulan januari 2014, kami *ane, ica dan uci* merencanakan naik gunung lagi ke Papandanyan dengan tour guide si tukang cilok (re : agung). Namun sayang, Allah berkehendak lain hingga tepat tanggal 10 Februari 2014 kami memutuskan untuk dibatalkan saja. *kenapa ?* alasannya banyak banget, mulai dari si ica yang tiba-tiba gak bisa ikut, SB consina yang susah banget dicari untuk dibeli, Sepatu yang ukurannya cuma buat ane dan anna hingga kabar yang kami terima bahwa ada 19 gunung yang masuk status waspada cekidot. Ternyata keputusan kami tepat sekali, tepat tanggal 13 Februari 2014 jam 22:49 gunung kelud di Kediri terjadi erupsi dan hujan abu vulkaniknya sampai di Bandung, cekidot. Jika kami jadi berangkat kemungkinan akan melewati Bandung, selain itu tanggal 14 Februari 2014 gunung papandayan terjadi aktivitas yang meningkat, cekidot. Hal tersebut yang membuat kami sujud syukur atas pembatalan rencana kali ini, subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar !! *walau tetap ada yang berhasil naik ke papandayan juga loh*.

Kami gak ingin menyia-yiakan waktu liburan kuliah *bagi ane dan uci* makanya kami memutar otak *lagi dan lagi*, hingga akhirnya kami memutuskan untuk kuliner ke bogor *yeaaaay, saatnya cari mangsa*. Ditetapkan lah hari sabtu tanggal 15 Februari 2014 kami capcus ke Bogor dengan naik mobil beserta ka anna, ane, uci, wa abul, ka donny dan ka agus. Seperti biasa meeting point kami *lagi dan lagi* adalah kantor tercinta dan berangkat sekitar jam 9 pagi *padahal rencana jam 7, hahahha*

Capcus ke Bogor

Kami sampai di bogor sekitar jam 10 pagi dan langsung menuju Jl. Mantarena (Jembatan merah), Bogor untuk menikmati sarapan pagi *karena pagi hari bukanya*, nama makanannya adalah Doclang. Menurut ane, doclang itu sama kaya ketoprak hanya saja bumbunya kaya sate dan isinya ada lontong, tahu, kentang, kerupuk dan telor. Di tempat yang ane makan harga satu porsinya Rp. 9.000 + teh tawar satu gelas.

Kuliner pertama : Doclang Bogor 405

Kenyang pada kuliner pertama, kami melanjutkan perjalanan ke jl surya kencana (gg. Aut), namun sebelum sampai di jl surya kencana kami menemukan minuman tradisi di kota Bogor, Bir  Kocok. Minuman ini satu gelasnya 3000 dan rasa jahe nya terasa banget ditenggorokan. Dan *tenang* minuman ini tidak memabukkan kok :D.

Kuliner Kedua : Bir Jahe Kocok

Puas dengan minuman bir, kami melanjutkan lagi perjalanan dan tetap di jl. surya kencana. Mata ini tertuju pada 'lo mie' namun ada yang lebih menggiurkan yaitu lumpia basah. Lumpia basah ini buka jam 9:30 sampai habis dan satu lumpia seharga Rp. 10.000. Ciri khas dari lumpia ini yaitu dibakar dengan bara api, jadi aromanya terasa selain itu harus sabar nunggu yaaaaa :D.

Kuliner Ketiga : Lumpia Basah

Masih bersebelahan dengan lumpia, kami menemukan makanan lagi yang merupakan khas bogor, yaitu pepes sagu. Pepes sagu ini 1 porsinya Rp. 4500 dan banyak banget pilihan rasanya.

Kuliner Keempat : Pepes Sagu

pesan dari ane yang kece => klo mau kuliner-an di jl surya kencana, kita jangan lupa tanya halal/haramnya yaaaa, karena banyak juga yang tidak halalnya. Salah satu contoh yaitu 'lo mie' yang membuat mata ane tertuju.

Kuliner di lanjut lagi ke roti unyil 'venus' *jangan pernah tanya ya rute atau lainnya, ane gak paham. SUER*. Dari jl. surya kencana ke roti venus ini sebenarnya dekat tapi cukup macet karena banyak banget angkoooot *maklum lah, namanya juga kota angkot*. Venus ini berada di dalam ruko gitu. Harga roti unyil Rp. 1450/pcs dan ada beberapa pilihan dalam 1 dus, ada yang 10, 30 dan berapa gitu *lupa*.

Kuliner Kelima : Roti Unyil Venus

Melihat jam sepertinya sudah saatnya makan siang, maka si ka Donny mengusulkan untuk makan di ayam geprek *jangan tanya jalannya yaaa*. Kami langsung menuju TKP untuk mengisi perut 'yang tidak' kosong ini. Menu di ayam geprek ini terbilang relatif sama, mulai dari Rp 13.000 - 25.000.

Kuliner Keenam : Ayam Geprek

Kenyang dengan menu makan siang hari ini, kami langsung menuju ke masjid terdekat untuk mengerjakan shalat dzuhur. Kebetulan di dekat rumah makan ini ada masjid besar dan langsung lah kami kesana.

Istirahat + Shalat Dzuhur

Usai mengerjakan ibadah, kami langsung menuju bilangan taman kencana. Di lokasi tersebut ada beberapa kuliner antara lain makaroni panggang dan apple pie. Tujuan utama kami yaitu apple pie. Apple pie ini cukup banyak variantnya, mulai dari yang ukuran mini hingga yang buat makan bersama (re:besar). Harga pie mini kisaran Rp. 5000 hingga Rp 8.000, sedangkan yang besar mulai dari 25.000.

Kuliner Ketujuh : Apple Pie

Puas menikmati tempat apple pie yang 'homey' kami langsung menuju ke makaroni panggang dengan jalan kaki, dikarenakan lokasi yang tidak berjauhan. Selain itu, jalannya pun banyak pohon rindang.

Menuju ke Apple pie & Makaroni panggang

Ternyata oh ternyata, makaroni panggang dan apple pie merupakan satu management *pantesan hampir mirip dari segi konsepnya :D*. Makaroni panggang ini ada 2 lantai, lantai 1 khusus makaroni panggang dan lantai atas untuk makanan yang manis seperti klapertart dan beberapa pilihannya. Menu dilantai atas kisaran 5.000 hingga 20.000. Sedangkan makaroni panggang nya ada yang biasa dan spesial kisaran harganya 20.000 hingga 150.000.

Kuliner Kedelapan : Makaroni panggang

Dan terakhir saatnya menuju pasar ah poong dibilangan sentul city. Pasar ini cukup terkenal karena di pasar tersebut kita bisa naik kapal dan menikmatin keindahan alam. Selain itu, di tempat ini banyak looooh pilihan makanannya dan sistem makannya kita harus beli kartu kemudian deposit gituuuu *persis timezone*.

Kuliner Kesembilan : Pasar ah poong

Tempat ini terkategori lengkap loooh, mulai dari kuliner, hiburan naik kapal, taman yang luas, rafting, tempat shalat dan kamar mandi yang T.O.P :D.

Taman di Pasar ah poong

Setelah adzan magrib kami langsung menuju mobil dan bertolak ke Jakarta dan shalat magrib di rest area. Sampai di Pasar minggu sekitar jam 19:30 dan kami menemani ka Donny untuk mencuci mobil di bilangan Cilandak dan baru lah kami menuju kantor lagi.