Jumat, 14 Februari 2014

Indonesia Berduka : Erupsi Gunung Kelud

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 13.31.00
Alhamdullillah atas kesempatan melengkapi blog o_0


          
Gunung Kelud Sebelum Erupsi 


           Innalillah, Indonesia kembali berduka setelah peristiwa meletusnya gunung sinabung di Medan dan banjir yang melanda hampir di seluruh Indonesia. Kini peristiwa tersebut terjadi di Provinsi Jawa Timur yang merupakan perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, peristiwa tersebut meletusnya Gunung Kelud. Gunung kelud memeliki ketinggian 1731mdpl dan temasuk gunung yang masih aktif. Gunung Kelud aktif terakhir kali terjadi pada tahun 2007, seperti info yang ane dapat dari www.wikipedia.org (diakses tanggal 14022014) :

Aktivitas gunung ini meningkat pada akhir September 2007 dan masih terus berlanjut hingga November tahun yang sama, ditandai dengan meningkatnya suhu air danau kawah, peningkatan kegempaan tremor, serta perubahan warna danau kawah dari kehijauan menjadi putih keruh. Status "awas" (tertinggi) dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sejak 16 Oktober 2007 yang berimplikasi penduduk dalam radius 10 km dari gunung (lebih kurang 135.000 jiwa) yang tinggal di lereng gunung tersebut harus mengungsi. Namun letusan tidak terjadi. 
Setelah sempat agak mereda, aktivitas Gunung Kelud kembali meningkat sejak 30 Oktober 2007 dengan peningkatan pesat suhu air danau kawah dan kegempaan vulkanik dangkal. Pada tanggal 3 November 2007 sekitar pukul 16.00 suhu air danau melebihi 74 derajat Celsius, jauh di atas normal gejala letusan sebesar 40 derajat Celsius, sehingga menyebabkan alat pengukur suhu rusak. Getaran gempa tremor dengan amplitudo besar (lebih dari 35mm) menyebabkan petugas pengawas harus mengungsi, namun kembali tidak terjadi letusan.
Akibat aktivitas tinggi tersebut terjadi gejala unik dalam sejarah Kelud dengan munculnya asap tebal putih dari tengah danau kawah diikuti dengan kubah lava dari tengah-tengah danau kawah sejak tanggal 5 November 2007 dan terus "tumbuh" hingga berukuran selebar 100 m. Para ahli menganggap kubah lava inilah yang menyumbat saluran magma sehingga letusan tidak segera terjadi. Energi untuk letusan dipakai untuk mendorong kubah lava sisa letusan tahun 1990. Sejak peristiwa tersebut aktivitas pelepasan energi semakin berkurang dan pada tanggal 8 November 2007 status Gunung Kelud diturunkan menjadi "siaga" (tingkat 3).

          Dan kini tanggal 14 februari 2014, Allah berkehendak lain. Allah telah menentukan bahwa Gunung Kelud meletus pada jam 22:49 WIB. Sebelumnya Gunung Kelud masuk dalam kategori waspada sejak tanggal 2 februari 2014. Kemudian pada tanggal 10 februari 2014 status Gunung Kelud ditingkatkan menjadi Siaga dan terakhir kali jam 21:15 WIB Gunung Kelud berstatus Awas. Ini merupakan status paling tinggi, level empat. Persiapan makin intensif," papar Jero Wacik Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kompas.com (diakses tanggal 14022014).


Erupsi Gunung Kelud

           Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan status Gunung Kelud meningkat menjadi awas. Hal itu terhitung sejak Kamis (13/2/2014) pukul 21.15 WIB. Menurutnya, status awas itu merupakan peringatan tertinggi dari Gunung Merapi berdasarkan ancamannya. Lebih jauh Sutopo mengatakan, kenaikan status awas dilakukan Pusat Vulkanologi Meteorologi Badan Geofisika berdasarkan adanya peningkatan instrumental dari aktivitas vulkanis, seismisitas dan pengamatan visual dari Gunung Kelud.

           Gemuruh aktivitas gunung juga sesekali terdengar hingga wilayah Kabupaten Jombang. Suara ledakan dilaporkan terdengar hingga kota Solo dan Yogyakarta (200 km), bahkan Purbalingga (lebih kurang 300 km), Jawa Tengah. Dampak berupa abu vulkanik pada tanggal 14 Februari 2014 dini hari dilaporkan warga telah mencapai Kabupaten Ponorogo. Di daerah Madiun dan Magetan jarak pandang untuk pengendara kendaraan bermotor atau mobil hanya sekitar 3-5 Meter karena turunnya abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud tersebut sehingga banyak kendaraan bermotor yang berjalan sangat pelan-pelan . Di sisi lain banyak pengguna kendaraan atau warga di sekitar Kota Madiun yang terganggu akibat Erupsi tersebut. 

Efek Erupsi Gn. Kelud


Semoga tidak banyak korban jiwa atas peristiwa ini dan Indonesia kembali tersenyum dengan ditemani sinar matahari pada siang hari dan indahnya sinar bulan pada malam hari, aamiin  o_0

ya Allah, mungkin kami lalai dan luput atas karunia Mu. Ya Allah, kuatkan kami atas bencana yang telah melanda kami yang berada dimanapun. Ya Allah, kami tau sebuah cobaan ini atas seiizin Mu maka berikan kami kesabaran juga beserta solusinya. 



Sumber : 

http://nasional.kompas.com/read/2014/02/14/1214597/Ketinggian.Letusan.Gunung.Kelud.17.Kilometer.

http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelud

http://vagus.fk.uns.ac.id/nama-gunung-tinggi-dan-letaknya-di-indonesia-diurutkan-berdasarkan-provinsi/

http://www.tribunnews.com/regional/2014/02/13/status-gunung-kelud-meningkat-jadi-awas-daerah-merah-beradius-10-kilometer














0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review