Kamis, 05 November 2020

Aku (Pernah) Berjuang di CPNS 2019

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 19.27.00
 Assalamu'alaikum sahabat bogi...

Apa kabar Bogi ? long time no see dengan cerita pengalaman Oe, akhir akhir ini yang dipost lebih kepada materi belajar atau tugas-tugas kuliah. Maafkan jika tidak menarik πŸ™

30 Oktober 2020, kemarin hari yang paling dinantikan bagi mereka #PejuangCPNS yang telah mengikuti dan menantikan dari hampir 1 tahun lamanya. Yup, tanggal tersebut merupakan pengumuman resmi dari akhir yang ditunggu.




Kali ini Oe ingin sharing pengalaman selama mengikuti proses #CPNS2019 , dari sekian kali (sejak 2017) mengikuti baru di tahun inilah yang diberikan kesempatan merasakan hingga tahap terakhir. Walaupun Qadarullah masih belum rezeki di tahun ini, Oe hanya ingin berbagi cerita yang kelak mungkin bisa bermanfaat untuk Oe sendiri atau mungkin orang lain. Dan cerita ini sebagai pengingat bahwa Oe (pernah) berjuang di #CPNS2019 agar kelak bisa diceritakan kepada anak-anak dan pasangan nantinya😁✌

Setelah gagal pada pengalaman pertama di tahun 2017, Oe tak lagi pernah info ke orang-orang di rumah bahwa Oe mencoba mendaftar CPNS setiap momentnya. Ada yang tau gak kenapa alasannya ? satu alasan yang mendasar karena Oe tak ingin mengecewakan orang tua terutama Ayah. Sedikit cerita bahwa Oe mencoba CPNS ini sebenarnya karena Ayah, ingin rasanya merealisasikan mimpi Ayah yang entah belum tau kapan Oe bisa. Ketika pertama kali nyoba CPNS sekitar tahun 2017 Ayah sangat sangat mengawal dan mendampingi segala proses CPNS Oe. Dan ketika keluar ruangan ujian, Ayah meyambut Oe dan ketika moment itu Oe merasa sungguh mengecewakannya walaupun Ayah tak pernah menyampaikan bahkan Beliau selalu bilang jangan sedih dan putus asa. Sejak saat itu, Oe berdoa semoga bisa merealisasikan mimpi Ayah di waktu yang tepat πŸ’—

Sahabat- sahabat Oe yang mengenal Oe dengan baik, Mereka tau bahwa CPNS ini sebenarnya suatu yang polemik dengan mimpi Oe yang sebenarnya, yup mimpi Oe menjadi Ibu Rumah Tangga yang bisa menjadi Psikolog dan Dosen disetiap harinya. Tapi Oe begitu yakin bahwa rencana Allah akan lebih baik dan lebih indah dari mimpi Oe, hal ini yang membuat Oe tetap mengikuti segala proses CPNS karena Oe yakin akan didekatkan dengan rencana Nya. So jalanin aja selagi itu baik, biar Allah yang menetapkan 😘



Ok balik lagi ke pengalaman #PejuangCPNS 2019, tahun ini Oe memutuskan untuk mengambil Kemenkumham dengan jabatan Pembimbing Kemasyarakatan. Alasannya ? semoga menginspirasi ...

- Pembimbing Kemasyarakat, adalah posisi yang dekat sekali dengan kehidupan anak-anak. Nah yang belum kenal Oe, sedikit sharing lagi bahwa Oe fokus terhadap pendidikan dan anak-anak. Oe mencintai segala hal yang berkaitan dengan ini. Sahabat bogi boleh browsing job desc Pembimbing Kemasyarakat, Oe yakin pasti yang punya passion sama pasti akan mengambil ini.
- Dengan menjadi Pembimbing Kemasyarakatan, Oe yakin Ilmu Psikologi yang dipelajari inshaallah akan berguna banget, masyallah ini mimpi Oe bergelut dengan bidang yang dicintai.
- Jumlah alokasi jabatan tersebut cukup banyak yaitu 262 Orang. Oe optimis kala itu , bismillah😁

Tahap Pertama, Pemberkasan
Proses ini semua dilakukan secara online (https://sscndaftar.bkn.go.id/login) , setiap instansi berbeda-beda syarat dan deadlinenya. Waktu itu Oe daftar di 22 November 2019. Pengumuman tahap pemberkasan ini 1 - 2 bulan (lupa tepatnya ✌).

Tahap Kedua, SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)
Tahap ini merupakan ujian yang dilakukan secara offline dengan menggunakan sistem CAT. Lokasi ujianpun berbeda-beda tergantung kalian memilih lokasi ujian dimana. Waktu itu Oe ujian di Kantor Walikota Jakarta Timur (kalau gak salah yo πŸ˜).
Ujian ini pilihan ganda yo dan meliputi aspek :
- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), ini soal soal tentang kebangsaan, misal pancasila, presiden, sejarah, dll.
- Tes Intelegensi Umum (TIU), ini misalnya soal matematika, premis premis, dll.
- Tes Karakteristik Pribadi (TKP), ini soal psikotest gitu

Sahabat bogi bisa belajar dari buku-buku yang dijual di toko buku, aplikasi atau dari internet. Biasanya buku yang dijual pertahun beda-beda, menurut Oe ini gak ngaruh karena yang kita perlu ada latihan konsep soalnya kaya apa. Jadi menurut Oe gak perlu setiap tahun beli buku baru, mubazir banget.

SKD ini ada passing grade kelulusannya, setiap tahun beda-beda. Jadi sahabat bogi harus atur strategi biar dapat skor minimal tersebut. Nilai Oe nanti dishare di akhir cerita ya ✌. Ketika Kita ujian didalam ruangan, nilai ini akan live jadi yang nunggu diruang tunggu / luar ruangan bisa melihat pergerakan angka Kita ketika sedang mengerjakan. Oe lupa ujian SKD ini tanggal berapa dan diumumkan tanggal 23 Maret 2020 melalui webiste masing-masing instansi yang kita daftar. 

Tahap Ketiga, SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)
Ini moment pertama Oe bisa masuk tahap ini, jadi jangan tanya apa perasaannya yo. hahahaha 😁 . Ketika pengumuman di website diberikan kisi-kisinya, untuk Pembimbing Kemasyarakatan sebagai berikut :


Masyallah Oe punya sahabat yang tahun lalu berhasil lulus CPNS, so Oe sharing dengan Beliau kebetulan satu instansi yang sama. Selain itu, kisi-kisi tersebut pun Oe browsing-browsing di internet. Selamat Belajar ...

Oiya ketika ujian Oe dilakukan di BKN Pusat, prosesnya pun sama dengan SKD, soal pilihan ganda. Selain kisi-kisi tersebut ada soal umum juga, misal penemu email siapa, dll. Nah soal umum ini nih yang Oe pun bingung alias pasrah πŸ˜€

SKB waktu itu dilakukan Agustus 2020, qadarullah cukup panjang penantian karena ada Covid seharusnya dilakukan sekitar Maret April 2020.

Tips SKD dan SKB :
- Tidak menggunakan aksesoris, misal jam tangan, gesper, anting, ikat rambut, dll karena akan diminta lepas semuanya. Daripada ribet di tempat sebaiknya tidak usah digunakan.
- Jangan membawa barang berharga, misal laptop. karena tergantung lokasi ujian, ada yang menyiapkan loker ada yang tidak. khawatir keinjek atau hilang atau lainnya.
- Membawa kartu ujian dan KTP Asli (Cek kembali syarat di website).
- Pakaian : Atasan Putih, Bawah Hitam, Kerudung Hitam Polos, sepatu pantofel. Harap diperhatikan.
- Fokus ketika mengerjakan soal dan instruksi, Oe sukanya ngambil bangku dipojok, hahaha.
- Jangan lupa berdoa (walaupun orang tua Oe gak tau kalau ikut CPNS, tapi Oe minta doain mereka, bilangnya doaian mau ujian aja, hihi)
- Datang minimal 1,5 jam sebelum waktu yang ditentukan. JANGAN MEPET, karena tahapan yang dilakukan cukup panjang ketika dilokasi

Tahap Keempat, WPFK (Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan)
Bersyukur banget bisa masuk ketahap ini ya Allah, semakin nano nano rasanya karena baru 1 bulanan daftar kuliah S2. Karena ada rasa khawatir jika ditempatkan di luar kota sedangkan kuliah baru mulai. Asli ini modal nekat 😁

Ujian Oe di Kemenkumham DKI Jakarta pada tanggal 16 Oktober 2020 Pukul 09.15. 

Tips dan Trick :
- Jangan pakai pakaian yang ribet, karena pengamatan fisik kalian diminta melepas semuanya dari ujung kepala sampai kaki. Oe bersyukur ketika diminta untuk melepas ada satu ruangan yang bisa Oe masuk jadi agak terpisah dari yang lain (Muslim pasti tau maksud Oe, walau Oe gak tau yang ngecek muslim atau gak, setidaknya Oe bisa menghindari kontak dengan yang lain, Allah maha baik). Mungkin ini masukan juga untuk panitia instansi, ada baiknya disiapkan bilik satu satu sehingga walaupun sesama wanita tetap bisa menjaga dari yang non muslim.
- Bawa berkas pendukung, sertifikat, dll
- Relaks
- Tahap ini lebih bebas, karena boleh bawa minum , hp, dll. Hanya tas dititipkan.
- Cari bahan interview di youtube (salah satu channel yang Oe pakai Link)


Oe kemarin itu ditanyain beberapa pertanyaan berikut, semoga bermanfaat :
- Perkenalan diri
- Pengalaman kerja
- Jika ditempatkan diluarkota bagaimana
- Aktivitas lain (Oe lupa detailnya, tapi yang Oe ingat waktu itu menjelaskan tentang pengalaman komunitas Oe yang dibidang pendidikan dan anak)
- Peraturan baris berbaris (Inget tidak ada balik kiri ya)
- Job Desc Pembimbing Kemasyarakatan
- Sharing dengan bahasa inggris
- Oe mangajukan diri untuk memberikan sertifikat pendukung, tapi Beliau info tidak perlu (tergantung interviewer nya ya)

Interview dilakukan oleh 2 orang, Oe kebagian 1 laki-laki dan 1 perempuan. Entah kenapa Oe interview hanya sekita 5 - 10 Menitan, padahal yang lainnya lama-lama. Waktu awal Oe mengira bahwa gak lulus nih soalnya cuma sebentar, eh ternyata salah (cek nilai interview Oe ya).

Pengumuman, Tahap Kelima
Pengumuman dilakukan pada 30 Oktober 2020 melalui website, hal ini dilakukan serempak oleh semua instansi hanya saja jam nya berbeda-beda. bikin deg degkan. Qadarullah Oe GAGAL. Skor Oe jatoh di SKB, menurut Oe ini yang paling rendah. Rencana Allah jauh lebih indah πŸ’— Skor terendah yang lulus di jabatan Oe adalah 74.220, hal ini yang bikin Oe semangat buat nyoba lagi di moment berikutnya.


FYI setelah pengumuman tahap terkahir adalah pemberkasan. Detailnya Oe tak bisa menyampaikan, karena tidak mengalami tahapan ini, hahahah 😁

Untuk para #PejuangCPNS yang lulus Oe mengucapkan selamat, jangan lupa bersyukur dan mengabdi pada negara dengan baik dan amanah. Lanjutkan mimpi Kami yang masih belum berhasil di tahun ini.

Untuk para #PejuangCPNS yang masih belum berhasil, jangan patah semangat dan tetap husnudzon kepada Allah, serta mari Kita coba pada moment berikutnya.

Terimakasih diri Oe yang sudah mau berjuang selama hampir 1 tahun membersamai rollercoster pikiran dan hati Oe. Pengalaman sungguh bermakna dan proses yang masyallah luar biasa indahnya. Buku atau bahan CPNS Oe pernah membersamai keliling Jawa, karena beberapa pekan sebelum ujian SKD Oe lolos kelas inspirasi di beberapa kota di Jawa. 

Mohon doanya dari sahabat bogi untuk Oe fokus menyelesaikan S2 Psikologi Psikolog ini dengan tepat waktu, semoga mimpi Oe sama dengan rencananya Allah πŸ’—πŸ’—πŸ’—

Sampai bertemu di moment berikutnya

~~~

1 Ocehan:

Anonim mengatakan...

Keren, usaha yg dilakukan tak akan sia-sia.
Sampai ketemu tahun depan Mba.

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review