Sabtu, 29 Agustus 2020

70 Hadits Pilihan : Hadits ke - 9 Kecemburuan Allah

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 21.42.00

 Assalamu'alaikum sahabat bogi... 


Alhamdullillah sudah sampai di Hadits ke-9.

Selama beberapa bulan kedepan Oe akan coba berbagi pengetahuan dari apa yang Oe dapatkan dikelas 70 Hadits Pilihan. Kelas ini dibawakan oleh Ust. Rahmat Hidayat Lubis. 
Doakan istiqamah ya 🙏

Afwan, Qadarullah sesi hadits ini Oe tidak full mengikuti kebetulan ada keperluan sehingga Oe cuma record namun ternyata memory handphone tidak tersedia 😁


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasullullah SAW bersabda : "Sesungguhnya Allah cemburu dan seorang mukmin juga cemburu. Kecemburuan Allah ialah jika seorang mukmin melanggar larangan-Nya". (HR. Bukhari Muslim, lafaz milik muslim).

Hadits ini dikutip oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Riyadush Shalihin bab "Pengawasan Allah".

Makna Ghairah (Cemburu)


Faidah Hadits :
1. Cemburu adalah sifat mulia. Dengan sifat cemburu seorang lelaki tidak akan membiarkan istri atau anak perempuannya berhubungan dengan laki-laki selain mahram.


Dari Abdullah bin 'Umar Radhiyallahu 'anhu Rasulullah SAW bersabda : "Tiga manusia yang Allah haramkan bagi mereka surga : Pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya." (HR. Ahmad)

2. Makna cemburu Allah adalah kebencian dan kemarahan yang besar karena telah melanggar perkara yang diharamkan Allah.

3. Kecemburuan manusia juga dapat menyebabkan murka, sebagaimana kisah sahabat Hilal bin 'Umayyah dan 'Ulimir Al-Ajlani, juga perkataan Sa'ad bin 'Ubadah Radhiyallahu 'anhum jami'an.



4. Sesungguhnya Allah suhanahu wata'ala cemburu dan sesungguhnya seorang mukmin cemburu, akan tetapi cemburunya manusia tidak seperti cemburunya Allah ta'ala, cemburunya Allah lebih kuat dan lebih besar.

5. Makna cemburu manusia adalah meluapnya amarah sebab persekutuan pihak lain dalam sesuatu hal yang hanya khusus bagi Allah.

6. Cemburu adalah salah satu sifat fi'liyah Allah subahanhu wata'ala; sifat ini ada pada Allah sesuai dengan keagungan-Nya; oleh karena itu Allah tidak menyukai kekufuran, kesyirikan, kefasikan dan kemaksiatan

Alhamdullillah semoga apa yang di sampaikan bisa bermanfaat untuk Kita semua Sahabat Bogi 💕

0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review