Kamis, 08 Oktober 2020

Mungkinkah Budaya atau Tradisi Berubah ?

Diluncurkan oleh Bocah Psikologi di 22.02.00

Mungkinkah Budaya atau Tradisi Berubah ?

Ditulis Oleh Ultari Addie Syahputri (2067290147)

Fakultas Psikologi UPI YAI


        Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi akan membuat perubahan pada kehidupan manusia, budaya ataupun tradisi yang berlaku disuatu daerah. Selain itu, sebuah perubahan tersebut akan diperkuat apabila memang dikehendaki oleh masyarakat yang bersangkutan. Misalnya saja budaya atas penggunaan alat bajak sawah yang dahulu digunakan secara tradisional menggunakan Sapi namun memerlukan waktu yang lebih lama, sedangkan perkembangan zaman dan teknologi menciptakan alat bantu baru yaitu traktor yang otomatis dapat mempercepat proses.

        



        Perubahan tersebut akan dikembalikan lagi kepada Masyarakat, apakah akan mengikuti dengan keuntungan - keuntungan yang didapat atau tetap akan menggunakan metode - metode sebelumnya. Pilihan tentu akan dilakukan oleh masyarakat itu langsung.

            Budaya atau tradisi lain yang kini menjadi banyak pertanyaan yaitu orang nikah muda sebuah budaya atau sebuah trend ikut ikutan ?, Seorang adik tidak boleh menikah melangkahi kakaknya hal ini termasuk budaya atau bukan ?. Nah dari 2 contoh itu kadang membuat orang mengalami kendala dalam menentukan sikap. Mereka khawatir akan dikatakan melanggar budaya atau tradisi yang berlaku di daerahnya. Kemudian Mereka akan dikucilkan oleh masyarakat sekitar. Padahal jika Kita melihat dengan adanya perubahan zaman, teknologi, pengetahuan, kebutuhan dan lain-lain budaya atau tradisi tersebut sebenarnya menjadi lumrah banyak dilakukan oleh masyarakat.




0 Ocehan:

Posting Komentar

 

Bocah Psikologi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review